Senin, 21 Juli 2014

shicibukai

Shicibukai merupakan kelompok antagonis yang ada dalam serial One Piece. Shichibukai sendiri terdiri dari para bajak laut kuat yang umumnya berkuasa di suatu wilayah tertentu. Saking hebatnya, Shichibukai bersama Yonkou (Empat Kaisar) dan Marinir (Angkatan Laut) dijuluki Tiga Kekuatan Besar lautan
Shicibukai pertama kali muncul pada chapter 49, yakni Juraquille Mihawk yang menjadi penyebab kehancuran bajak laut Don Krieg. Saat itu, Mihawk menunjukkan kapasitasnya sebagai seorang Shichibukai dengan mengalahkan tiga pedang Zoro hanya dengan bersenjatakan sebuah pisau kecil. Hal itu menunjukkan perbedaan kekuatan yang sangat tinggi antara bajak laut biasa dengan Shichibukai.
Penentuan anggota Shichibukai dilakukan dengan banyak pertimbangan. Beberapa diantaranya dipilih karena memberi keuntungan pada pemerintah seperti Doflamingo. Sebagai tambahan kekuatan seperti Kuma, Moria dan Mihawk. Juga karena kekuasaannya atas sebuah organisasi, wilayah atau ras tertentu seperti Crocodile, Boa, dan Jinbei.
Selain itu, untuk menjadi seorang Shichibukai atau mengisi kekosongan Shichibukai, seorang bajak laut harus menunjukkan kekuatan dan kekuasaannya diatas bajak laut lainnya. Hal tersebut dibuktikan dengan prestasinya menangkap atau mengalahkan bajak laut lain yang berharga tinggi dan menguntungkan pemerintah. Dengan demikian, pemerintah akan berpikir untuk menjadikan bajak laut tersebut berada di pihaknya. Hal ini merupakan metode yang dilakukan Marshall D Teach yang menangkap Ace agar dijadikan Shichibukai, meski ia saat itu tidak dikenal dan kepalanya berharga 0.
Poin penting dari Shichibukai adalah setiap anggotanya memiliki nama yang berhubungan atau mewakili binatang. Selain itu harga buruan mereka juga seakan dikurangi, sehingga beberapa dari mereka mempunyai harga buruan yang relatif kecil. Hal ini antara lain karena tidak bertambahnya nilai buruan mereka setelah bergabung dengan Shichibukai. Konon harga buruan dari masing-masing anggota yang sebenarnya adalah dua kali lipat dari harga yang tertera saat ini.
Shichibukai langsung menjadi kelompok antagonis yang paling menarik perhatian sejak kemunculan Mihawk di awal-awal cerita One Piece. Kenyataan bahwa ada 7 orang yang selevel dengan Mihawk membuat banyak fans penasaran untuk mengetahui siapa saja anggota Shicibukai tersebut dan kemampuan mengerikan apa yang dimilikinya, serta bagaimana Luffy dan Bajak Laut Topi Jerami jika berhadapan dengan mereka.
Sebagai sebuah kelompok antagonis, Shichibukai berada di puncak kepopuleran saat masih misterius dan menjadi salah satu penarik perhatian dalam cerita One Piece. Meski sekarang sudah terkuak siapa saja anggotanya, namun membayangkannya berhadapan dengan Bajak Laut Topi Jerami menjadi satu hal yang menarik.
Bajak Laut yang tergabung dalam Shichibukai antara lain :
Juraquille Mihawk

* Tema: Hawk (Elang)
* Harga: (belum dketahui pasti, rumor yang beredar 600.000.000 berry)
Juraquille Mihawk merupakan ahli pedang terhebat di dunia. Senjata utamanya adalah sebilah pedang hitam panjang besar yang bernama Black Sword. selain itu, dia juag memiliki sebilah pisau/belati seukuran bandul kalung berbentuk salib. Ia adalah Rival dari Shanks si rambut merah, salah seorang yonkou. Mereka sering berlatih tanding, namun tidak satupun pertarungan mereka pernah dilihat ataupun diketahui hasilnya. Mihawk adalah shichibukai pertama yang diperkenalkan, namun ia adalah Shichibukai terakhir yang belum diketahui harganya…
Pria berjuluk mata elang ini merupakan pemegang gelar pendekar pedang terkuat di dunia. Merupakan anggota Shichibukai yang pertama kali muncul, yakni ketika pertempuran di kapal Baratie. Pasukan Bajak Laut Don Krieg yang besar dan terkenal kuat itu porak poranda hanya oleh dirinya.
Pria yang sangat dingin dan tenang ini merupakan teman sekaligus rival dari Shanks, salah seorang Yonkou. Ia juga memiliki ketertarikan dengan Zoro dan   bahkan menjadi guru Zoro ketika zoro terlempar ke kediamannya saat kru Topi Jerami terpisah. Mihawk mempunyai pedang hitam yang konon merupakan pedang terhebat di dunia, dengan pedangnya itu Mihawk mampu mengubah arah peluru, membelah kapal besar, bahkan memotong sebuah gunung es

Donquixote Doflamingo

* Tema: Flamingo
* Harga: 340.000.000 berry
Doflamingo adalah orang bertubuh besar dan punya kekuatan aneh yang bisa menggerakkan orang dengan jemari tangannya. Sebagai Shichibukai, dia bicara blak-lakan dengan petinggi Angkatan Laut. Doflamingo punya bisnis dan mengatakan kalau akhir-akhir ini sedang tidak lancar, bisnis itu kemungkinan adalah bisnis penjualan budak.
Doflamingo muncul lagi pada akhir cerita Skypiea. Diketahui kalau Doflamingo adalah pemimpin dari Bellamy. Dan membunuh Bellamy karena telah memalukan lambangnya. Sama seperti Bellamy, Doflamingo adalah bajak laut “era baru” yang tidak percaya impian. Lambangnya adalah sebuah lingkaran tersenyum.
Doflamingo adalah shichibukai yang gemar berbisnis, salah satunya adalah Human Shop Auction, sebuah tempat yang memperjualbelikan manusia/merman/raksasa sebagai budak di Kepulauan Shabondy.
Sebagai Sichibukai, Doflamingo mempunyai tema binatang Flamingo. Doflamingo menyandang harga paling tinggi sampai saat ini di serial ini yaitu 340.000.000 Berry dan ini setara dengan kekuatannya yang menakutkan yaitu mengendalikan orang lain dengan menggunakan gerakan-gerakan serupa dengan Pengendali Boneka.
Pada Cerita di Marine Headquarter, tampak doflamingo ikut berkontribusi dalam menghadang bajak laut whitebeard dan aliansinya. Doflamingo hanya duduk dan menyaksikan pertempuran sampai akhirnya Oars jr. secara putus asa mencoba untuk mengalahkan setidaknya 1 shichibukai sebelum dia roboh, dan Oars jr. memilih untuk menghajar doflamingo yang saat itu sedang duduk. Namun sayang sekali, Doflamingo dengan mudah melompat menghindar dari serangan tersebut. dan ketika mendarat, ia, entah bagaimana, membuat kaki kanan Oars jr. putus lalu ia tertawa dengan sadis.
Setelah itu, terlihat ia sedang duduk di tumpukan mayat bajak laut saat berbicara dengan luffy dan emperio ivankov. terakhir terlihat, dia memisahakan kepala crocodile dari badannya, Crocodile kaget, namun kepalanya kembali lagi menempel pada badannya setelah terjatuh ke tanah. kemudian, crocodile yang kesal menyerang doflamingo dengan “hook”nya, tetapi dapat dihentikan oleh doflamingo dengan kakinya.
Bartholomew Kuma

* Tema: Kuma (Beruang)
* Harga: 296.000.000 berry
Dia adalah Shichibukai besar yang pendiam, menggunakan baju hitam dan jarang berbicara. Lelaki bertubuh besar dan berjuluk Tyrant ini merupakan anggota Shichibukai yang paling misterius, baik masa lalu maupun tujuannya. Pemakan buah Nikyu-Nikyu no Mi ini juga memiliki kemampuan paling aneh dibanding anggota Shicibukai lainnya. Kemampuannya antara lain dapat berteleportasi, menahan serangan, menembakkan laser, menyerap rasa sakit dan memberikannya ke orang lain. Dia selalu terlihat membawa Injil. Kuma dijuluki “Boukun” alias “Tiran” karena kesadisannya yang luar biasa. Selain itu, karena kepatuhan dan kesetiaannya yang absolut pada pada angkatan laut, Gecko Moria mengejeknya sebagai anjing angkatan laut. Walaupun begitu, tampaknya Kuma memiliki rencana tersendiri, terlihat dari tindakannya yang mementalkan semua kru Straw Hat, di saat diserag oleh Admiral Kizaru.
Pria berharga 296.000.000 beli ini semakin bertambah misterius dengan sikapnya menyelamatkan satu per satu anggota Bajak Laut Topi Jerami ketika bertarung di Kepulauan Shabondy. Bayangan yang mirip dirinya bahkan muncul dalam pasukan revolusi pimpinan Dragon
Kuma dioperasi menjadi Pasifista, senjata rahasia Angkatan Laut dengan tahap pengembangan. Pasifista adalah versi angkatan laut untuk Cyborg seperti Franky, dengan spesifikasi lebih tinggi. Memiliki kekuatan dari buah Niku Niku (dari Nikukyuu yang artinya tapak kaki hewan, bagian lembut yang biasa kita lihat pada kaki anjing/kucing). Dengan kekuatan buah itu, tapak tangannya memiliki tambahan tapak kaki  yang bisa digunakan untuk memantulkan segala jenis benda/serangan.

Boa Hancock


* Tema: Ular Boa
* Harga: 80.000.000 berry
Satu-satunya wanita dari semua anggota Shichibukai, yang tertua dari tiga bersaudari “Gorgon” pemimpin Kelompok Bajak Laut Kuja, kecantikannya adalah kunci untuk mengalahkan lawannya, pemakan buah iblis Mero Mero(Cinta Cinta) yang membuat dirinya memiliki kemampuan untuk mengutuk seseorang menjadi batu dengan syarat seseorang itu harus tertarik atau jatuh cinta padanya. . Merupakan ratu dari Amazon Lily dan kapten dari Bajak Laut Kuja. Wanita berjuluk Hebihime atau Ratu Ular ini pemakan buah setan Mero Mero no Mi yang membuat siapa saja yang tertarik atau jatuh cinta padanya menjadi batu. Selain kekuatan buah setan, Boa juga memiliki kekuatan haki meski tidak selevel Luffy atau Rayleigh.
Boa Hancock memiliki sifat sombong, manja, dan sangat memandang rendah orang lain. Namun pertemuan dan peristiwa yang dialaminya dengan Luffy membuat sifat Boa menjadi berbalik 180 derajat, Ia begitu mencintai Luffy hingga menjadi semacam obsesi. Boa memiliki dua adik perempuan, Boa Sandersonia pemakan Hebi Hebi no Mi tipe anaconda dan Boa Marigold pemakan Hebi Hebi no Mi tipe Kobra. Seperti namanya, kekuatan buah setan itu dapat mengubah mereka menjadi ular.
Sir Crocodile

Pemakan buah setan Suna Suna no Mi yang mampu membuat tubuh pemakannya berubah menjadi pasir dan memiliki sifat seperti pasir. Pria yang berharga 81.000.000 beli ini bersama grup Baroque Works yang dipimpinnya pernah menjadi lawan utama Luffy dan bajak laut topi jerami pada arc Alabasta. Pria berjuluk Mr.0 ini terobsesi untuk menemukan Pluton, senjata kuno yang kabarnya tersimpan di Alabasta.
Pemiliki tangan dari kail emas dan sering terlihat bercerutu ini meski kuat namun sangat lemah terhadap air, hal itulah yang membuatnya kalah dari Luffy dalam pertarungan di Alubarna. Kekalahan itulah yang menyebabkan gelar Shichibukai-nya dicopot dan dihukum penjara level 6 Impel Down. Ketika peristiwa Impel Down terjadi, Crocodile ikut melarikan diri bersama Luffy dan Jinbei, serta ikut ambil bagian dalam perang besar di Marineford.
Jinbei
Bajak laut manusia ikan ini memiliki harga buruan 250.000.000 beli. Pria berjuluk Kaikyo atau Knight of the Sea ini memiliki keahlian bertarung yang disebut Fishman Karate. Mampu memanipulasi air laut dan berbicara dengan biota laut adalah beberapa kemampuannya sebagai seorang manusia ikan.
Jimbei adalah satu satunya manusia ikan yang menjadi Sichibukai. Dia adalah anggota bajak laut Sunny, sama seperti Hacchi, Arlong dan lainnyaWalaupun seorang anggota Shicibukai, Jinbei yang sangat menjunjung sifat ksatria dan kehormatan ini sangat menghormati Whitebeard dan Ace. Ia lebih memilih dicopot gelar Shicibukai dan dipenjara di Impel Down dari pada menjadi bagian dari pemerintah untuk melawan Whitebeard. Mantan kapten Bajak Laut Matahari ini ikut melarikan diri bersama Crocodile dan Luffy dari Impel Down. Dalam perang Marineford pun ia ikut berperang di pihak Luffy untuk menyelamatkan Ace.Jimbei ditemui saat Luffy hendak menolong kakaknya, Ace yang akan segera dieksekusi oleh Marine. Saat itu Jimbei ditempatkan di Impel Down bagian terbawah dimana letak tahanan-tahanan luar biasa karena tidak mau bekerjasama dengan Marine untuk melindungi pelaksanaan eksekusi dari serangan Whitebeard yang lebih dulu dikenal sebagai Yonkou (4 Kaisar Laut). Jimbei disebut pertama kali ketika Luffy menyelamatkan Nami dari tekanan Arlong (manusia ikan) yang dikenal sebagai mantan anak buah Jimbei. Kemampuan Jimbei seperti manusia ikan pada umumnya adalah perenang ulung (dan sepertinya bukan devil fruit user) serta mampu memanggil kawanan paus untuk membantunya. Jimbei kini menjadi satu tim dengan Luffy dalam misi penyelamatan.
Gecko Moria

Pemiliki harga buronan 320.000.000 beli ini merupakan pemakan buah setan Kage Kage no Mi. Buah itu mampu membuatnya menjadi manusia bayangan, mampu memanipulasi bayangan, mengambil bayangan seseorang dan menaruhnya pada mayat untuk dijadikan zombie. Ia juga mampu memasukkan 1000 bayangan ke tubuhnya yang membuat tubuhnya menjadi lebih besar dan lebih kuat.
Geckou Moria adalah seorang anggota yang tinggal di Thriller Bark. Wujudnya adalah seorang raksasa. Ia adalah kapten dari kapal paling besar di dunia (Thriller Bark) (konon kapal Thriller Bark lebih besar daripada sebuah pulau), dan Moria dilayani oleh dr. Hogback, Absalom, Perona, dan tentara zombie. Dia mempunyai kekuatan buah iblis Kage Kage yang dapat menarik bayangan dan memasukkannya ke dalam mayat, sehingga mayat tersebut menjadi zombie yang sifatnya persis sama dengan pemilik bayangan tersebut.
Dialah yang mencuri bayangan Brook dan para zombie di sana dan kelihatannya punya hubungan dengan hantu di Thriller Bark. Menurut Robin, harganya lebih tinggi daripada Luffy, telah diketahui harganya 320.000.000 Berry. Ia berhasil mencuri bayangan Luffy, Zoro, Sanji dan Robin.
Bayangan yang dicuri oleh Geckou Moria bisa dibebaskan dari zombie dengan cara memasukkan garam ke dalam tubuh zombie tersebut. Ini karena garam mengandung kekuatan laut yang merupakan kelemahan buah setan dan mampu menetralisir kekuatan buah setan. Bayangan yang lepas dari zombie bisa dimasukkan ke dalam tubuh dan menjadi Power Up yang bertahan selama 10 menit. Kapten bajak laut biasa bisa memasukkan sampai 5 bayangan ke dalam tubuhnya, yang memiliki mental kuat seperti Luffy bisa memasukkan hingga 100 bayangan, sedangkan Geckou Moria yang merupakan pengguna buah iblis Kage Kage bisa memasukkan sampai 1000 bayangan ke dalam tubuhnya. Memasukkan bayangan menyebabkan perubahan bentuk fisik berupa tubuh jadi membesar dan perubahan mental sehingga menjadi liar dan tak terkendali.
Pemilik kapal Thriller Bark yang konon adalah kapal terbesar di dunia ini bersama beberapa anak buahnya pernah menjadi lawan utama Luffy dan bajak laut topi jerami dalam arc Thriller Bark. Dengan kerjasama kru topi jerami dan kekuatan Luffy yang pantang menyerah, Moria pun bisa dikalahkan. Pria yang konon pernah bertarung dengan salah seorang Yonkou bernama Kaidou ini berhasil melarikan diri bersama anak buahnya. Kekalahan memalukan itu disembunyikan dari publik oleh pemerintah. Selanjutnya ia hadir kembali sebagai tambahan kekuatan di pihak pemerintah dan marinir untuk melawan Whitebeard.
Marshall D Teach

Pria berjuluk Kurohige atau Bleckbeard ini awalnya adalah salah satu anggota bajak laut Whitebeard dan berada di bawah komando divisi dua Portgas D Ace. Ia membelot dan berkhianat setelah membunuh rekannya sendiri untuk mendapatkan buah setan Yami Yami no Mi yang membuatnya memiliki kekuatan kegelapan yang sangat dahsyat. Kekuatannya buah setan logia itu membuatnya dapat memanipulasi kegelapan yang efeknya hampir mirip dengan lubang hitam.
Whitebeard sempat diperingatkan oleh Shanks agar menghentikan pengejaran Ace terhadap Kurohige karena sangat berbahaya hingga mampu memberi luka pada mata Shanks. Kekhawatiran tersebut terbukti dengan kalahnya Ace saat berhadapan dengan Teach. Ace yang tertangkap akhirnya dijebloskan ke penjara level 6 Impel Down, sedangkan Teach yang telah berjasa menangkap anak Gol D Roger tersebut pun diangkat menjadi Shichibukai.
Ternyata sepak terjangnya selama ini memiliki tujuan di luar dugaan, dengan menjadi Shicibukai, Ia dapat mendekati Impel Down dengan mudah serta mengumpulkan pasukan dari para tahanan level 6. Ia juga menyimpan rencana jika kekacauan dan perang besar marineford terjadi. Bersama kru yang dipimpinnya, Teach lah yang akhirnya mencabut nyawa Whitebeard, tak hanya sampai disitu, mayatnya juga dimanfaatkan untuk mengambil kekuatan buah setan Gura Gura no Mi milik Whitebeard. Jadilah Teach memiliki tambahan kekuatan yang mengerikan, kekuatan kegelapan dan kekuatan gempa dalam satu tubuh. Karena sepak terjangnya yang keterlaluan tersebut gelar Shichibukai-nya yang langsung dicopot dan menjadi musuh utama semua orang.
  1. Juraquille mihawk (elang)
  2. bartholomew kuma (beruang)
  3. sir crocodile (buaya)
  4. don quixote doflamingo(burung)
  5. boa hancock (ular)
  6. jinbei(hiu paus)
  7. gecko moria(tokek)
Pada cerita One Piece saat ini telah terjadi perubahan anggota Shichibukai
Ketujuh Anggota saat ini :
1. Dracula Mihawk
2. Donquote Doflamingo
3. Bartolomew Kuma/ Pacifista
4. Boa Hancock
5. Trafalgar Law

Sebelum menjadi Kapten bajak laut Heart, Trafalgar Law merupakan kru bajak laut Smile yang dipimpin oleh Don Quixeto Doflamingo. Trafalgar menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh BB. Biasanya posisi shichibukai ditentukan dan dipilih oleh pemerintah dunia. Namun Trafalgar menawarkan diri untuk mengisi posisi tersebut dengan cara menyerahkan 100 jantung ke pemerintah dunia. Pada komik terbaru One Piece diketahui kalau Law adalah dalang dibalik kejadian pelabuhan berbatu “Worst Generation” dan juga sekarang Law membentuk aliansi dengan SHP. Tujuannya membentuk aliansi adalah ingin mengalahkan salah satu yonkou (kemungkinan Kaidou). Menurut Law untuk bisa bertahan di dunia baru, para rokie hanya memiliki 2 pilihan, pertama ikut dengan salah satu yonkou atau mengalahkan salah satu yonkou. Dan juga Law mengatakan pada Luffy, jika rokie tidak membentuk aliansi, untuk melihat kepala yonkou saja mungkin akan sangat sulit dikarenakan mereka punya bawahan yang kuat-kuat. Sebelum Law dan SHP membentuk aliansi, Kid, Appo dan Hawkins juga telah membentuk aliansi. Tujuan mereka sama dengan Law, yaitu mengalahkan salah satu yonkou.
Sebelumnya Trafalgar Law merupakan salah satu kru bajak laut Smile yang dulu dipimpin oleh Don Quixeto Doflamingo, Law membentuk sebuah aliansi dengan tujuan untuk mengalahkan salah satu Yonkou yang bernama Kaidou.
6. Douke No Buggy

Siapa sangka seorang Buggy akan menjadi shichibukai. Sejauh ini bajak laut Buggy dianggap tidak terlalu berbahaya oleh pemerintah. Hingga sebelum perang di Marineford, pemerintah mengetahui bahwa Buggy dulunya kru di kapal Roger dan teman dekat yonkou Akagami Shanks. Awalnya Buggy agak ketakutan setelah statusnya diketahui. Dia sempat mengaku ke tahanan-tahanan Impel Down yang lepas kalau dia secara teknis hanyalah kacung di kapal roger. Ivankov pun bilang, kalau di setiap kapal pasti memiliki kambing hitam. Namun karena tahanan-tahanan tersebut terus menyanjung-nyanjung Buggy, Buggy pun memanfaatkan kesempatan ini untuk merekrut mereka menjadi anggotanya. Hal ini sangat menguntungkan Buggy, karena rata-rata mereka adalah orang yang kuat. Sampai-sampai Shirohige pun memperhitungkan mereka. “Daripada mengkhawatirkan hidung merah, lebih baik mengkhawatirkan tahanan-tahanan yang dibawanya…” kata Shirohige. Karena sejarah Buggy yang tidak diduga-duga oleh pemerintah, akhirnya pemerintah memutuskan untuk mengangkat Buggy menjadi shichibukai.
7. Belum diketahui siapa yang mengisi kursi jabatan ini, Oda-sensei menyebutkan bahwa dia adalah orang yang telah memotong lengan “Z” (One Piece Film Z).

Tidak ada komentar: